ARTIKEL TERBARU

Astra Melalui YPA-MDR Bangun Gedung Sekolah Program Keahlian Tata Busana Butik
2014-03-04

GUNUNG KIDUL: Pada hari ini Selasa, 4 Maret 2014, PT Astra International Tbk melalui Yayasan Pendidikan Astra-Michael D Ruslim (YPA-MDR) melaksanakan acara peletakan batu pertama sebagai tanda dimulainya pembangunan gedung sekolah Program Keahlian Tata Busana Butik SMKN 2 Gedangsari Gunung Kidul, beserta sarana dan prasarananya.

Peletakan batu pertama dilakukan oleh Bupati Gunung Kidul Badingah, Direktur PT Astra International Tbk Djoko Pranoto dan Kepala Dinas Pendidikan dan Olahraga Gunung Kidul Sudodo, didampingi oleh Ketua Yayasan Pendidikan Astra Michael D. Ruslim Arietta Adrianti dan Kepala Sekolah SMKN 2 Gedangsari Sudaryono. Acara ini turut disaksikan oleh Muspida, Muspika, dan warga sekolah binaan Astra di daerah Gedangsari.   

Gedung Sekolah SMKN 2 Program Keahlian Tata Busana Butik dibangun di atas tanah seluas 3.078 m2, terdiri dari dua lantai, dengan luas bangunan keseluruhan 2.697 m2, yang terdiri dari ruang kantor, ruang kelas, perpustakaan, ruang laboratorium, ruang unit produktif dan teaching factory, ruang peragaan dan pameran, ruang unit pengembangan usaha serta beranda batik beserta fasilitasnya. Pembangunan diharapkan akan selesai pada akhir tahun 2014, dan akan diresmikan pada bulan Januari 2015.

"Bantuan ini  merupakan wujud  sumbangsih Astra kepada bangsa dan negara. Melalui YPA-MDR, Astra membantu pengembangan pendidikan di sekolah-sekolah yang terletak di daerah tertinggal, agar anak - anak didiknya tumbuh menjadi anak bangsa yang cerdas, mandiri, serta peduli pada pembangunan di daerah asalnya," ungkap Djoko Pranoto.

Pembangunan gedung sekolah ini dilatarbelakangi oleh keterbatasan SMKN 2 Gedangsari dalam menyelenggarakan program pendidikan yang berkualitas, terutama program studi keahlian tata busana dengan kompetensi keahlian busana butik. Program ini juga akan dilengkapi dengan memberikan vocational skill batik untuk guru maupun siswa. Sehingga diharapkan lulusan SMKN 2 Gedangsari program keahlian tata busana butik akan memiliki kompetensi sebagai desainer pemula butik batik. 

Kegiatan ini sejalan dengan visi YPA-MDR yaitu membantu sekolah-sekolah di daerah-daerah tertinggal di Indonesia sehingga para lulusannya mampu membangun daerahnya di masa yang akan datang. Bantuan di SMKN 2 Gedangsari ditujukan agar para lulusannya memiliki peluang untuk mampu mengembangkan daerah asalnya, sehingga tidak selalu hijrah ke kota besar untuk mencari peruntungan.

Tidak hanya membangun gedung sekolah saja, sejak tahun lalu kepala sekolah dan para guru di SMKN 2 Gedangsari telah mendapat serangkaian pendidikan, pelatihan serta pendampingan dari para ahli untuk meningkatkan kompetensi dalam bidang tata busana dan batik.

38 Sekolah Binaan    
Perjanjian kerjasama pembinaan pendidikan dengan SMKN 2 Gedangsari ini merupakan kelanjutan dari bantuan dan pembinaan di daerah Kecamatan Gedangsari Kabupaten Gunung Kidul yang sudah dimulai sejak tahun 2007 untuk enam  SD Negeri (SDN Tengklik, SDN Prengguk 1,  SDN Prengguk 2, SDN Tegalrejo, SDN Gupit dan SDN Candi). Setahun berikutnya, tepatnya tahun 2008 dilanjutkan dengan bantuan dan pembinaan untuk SMPN 2 Gedangsari, hingga akhirnya pada tahun 2013 lalu direalisasikan bantuan dan pembinaan pendidikan untuk Program Keahlian Tata Busana Butik SMKN 2 Gedangsari.

Hingga saat ini, PT Astra International Tbk melalui YPA-MDR telah membina 38 sekolah, yaitu 29 SD, tujuh SMP dan dua SMK yang memiliki 11.467 siswa serta 720 pendidik. Sekolah-sekolah tersebut berada di Leuwiliang - Bogor, Jawa Barat; Gedangsari - Gunung Kidul, Pandak - Bantul, Yogyakarta, Tanjungsari dan Merbau Mataram - Lampung Selatan, Lampung, serta Donorojo - Pacitan, Jawa Timur.


Artikel Terkait
Lima Tahun SATU Indonesia Awards, Astra Gelar TigaLebih dari
JAKARTA: PT Astra International Tbk bersama anak perusahaan menggelar program Astra Green Lifestyle ...
Baca Selengkapnya
YDBA Nyalakan Api Perdana Biogas di Kalimantan Selatan
Banjarmasin – Hari ini, 6 Februari 2015, Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) menggelar acara &l...
Baca Selengkapnya
Astra Melalui YPA-MDR Bangun Gedung Sekolah Program Keahlian
GUNUNG KIDUL: Pada hari ini Selasa, 4 Maret 2014, PT Astra International Tbk melalui Yayasan Pendidi...
Baca Selengkapnya
Astra Mendapat Penghargaan dari Kemenkop dan UKM RI
JAKARTA : Pada hari ini, Senin, 17 Oktober 2011, PT Astra International Tbk menerima sertifikat peng...
Baca Selengkapnya
IKUTI KAMI
Pastikan Anda selalu terhubung dengan media
sosial kami. #KitaSATUIndonesia