. SATU Indonesia | Astra Serahkan Gedung dan Sarana Pendidikan SMK Negeri 1 Leuwiliang, Kab. Bogor Total Bantuan Astra di 3 Provinsi Mencapai Rp 22 Miliar
Saatnya membangun kembali semangat
kebangsaan dan persatuan kita demi
kemajuan Indonesia
Astra Serahkan Gedung dan Sarana Pendidikan SMK Negeri 1 Leuwiliang, Kab. Bogor Total Bantuan Astra di 3 Provinsi Mencapai Rp 22 Miliar

26
Jul
2011

PT Astra International Tbk (“Astra”) melalui Yayasan Pendidikan Astra-Michael D Ruslim (YPA-MDR) menyerahkan gedung SMK Negeri 1 Leuwiliang beserta sarana pendukungnya kepada Pemerintah Kabupaten Bogor. Penyerahan dilakukan oleh Direktur PT Astra International Tbk Gunawan Geniusahardja kepada Bupati Bogor H. Rachmat Yasin.

Bantuan yang diberikan oleh PT Astra International Tbk melalui YPA-MDR kepada sekolah-sekolah binaan di Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor sudah dimulai sejak tahun 2006 dan telah melakukan renovasi 8 sekolah meliputi 5 SDN, 2 SMPN dan 1 SMKN, yaitu : renovasi total SDN Karyasari 02 (diserahterimakan pada 1 Agustus 2006), renovasi SDN Karyasari 01, SDN Karyasari 03, SDN Pabangbon 01 dan SDN Hegarmanah (diserahterimakan pada 23 April 2010). Program bantuan dilanjutkan ke jenjang SMP pada akhir 2007, dan pada 25 Agustus 2008 dilakukan serahterima gedung SMPN 4 Leuwiliang dan SMPN 4 Leuwiliang – Kelas Jauh Karyasari dan sebagai jenjang terakhir dalam program bantuan, YPA-MDR melakukan pembangunan SMKN 1 Leuwiliang (rintisan) yang diserahterimakan pada hari ini, 27 Juli 2011.

Bantuan yang diberikan kepada sekolah-sekolah binaan tersebut berupa :

  1. Pelatihan dan pembinaan akademis, yaitu pelatihan bagi kepala sekolah, guru, karyawan sekolah agar sekolah dapat meningkatkan mutu pendidikannya.

  2. Pembinaan living value, yaitu pembinaan karakter yang baik yang didasarkan pada nilai-nilai luhur bangsa Indonesia.
     
  3. Pembinaan life skill, yaitu pembinaan kecakapan hidup agar nantinya siswa dapat hidup mandiri.
     
  4. Pembinaan Unit Kesehatan Sekolah (UKS) dan perpustakaan, yaitu pembinaan pola hidup sehat dan penggunaan perpustakaan sebagai sumber belajar dalam peningkatan mutu pengetahuan.
     
  5. Pembinaan seni dan budaya, meliputi pelatihan musik, tari dan nyanyi khas budaya setempat agar para siswa lebih mengenal budaya daerahnya sehingga menumbuhkan rasa cinta kepada daerahnya.
     
  6. Bantuan atau donasi sarana prasarana, yaitu bangunan fisik yang dapat menunjang Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dan sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Pendidikan serta Standar Akreditasi Sekolah.

Total bantuan untuk program pembinaan sekolah yang diberikan oleh Astra melalui YPA-MDR di sekolah-sekolah binaan di Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor sejak tahun 2006 hingga saat ini telah mencapai lebih dari Rp 12 miliar termasuk Rp 3,73 miliar untuk biaya renovasi SMPN 4 Leuwiliang, serta pembangunan gedung dan pembelian sarana pendidikan SMKN 1 Leuwiliang yang diresmikan hari ini.

Sampai saat ini PT Astra International Tbk dengan YPA-MDR sebagai pengelola sudah melakukan pembinaan pada 28 sekolah, yaitu 24 SD, 3 SMP dan 1 SMK yang mempunyai 6.234 siswa dan 405 pendidik dan tenaga kependidikan yang terletak di Leuwiliang-Bogor, Jawa Barat; Gedangsari – Gunung Kidul, Pandak – Bantul, Yogyakarta serta Tanjungsari dan Merbau Mataram-Lampung Selatan, Lampung.

Dengan pembinaan secara intensif dari YPA-MDR, sekolah-sekolah binaan tersebut telah mampu meraih predikat dan prestasi yang membanggakan, termasuk akreditasi sekolah berdasarkan Standar Nasional Pendidikan (SNP).

Secara keseluruhan bantuan Astra di tiga provinsi tersebut mencapai Rp 22 miliar dengan rincian sebagai berikut Rp 9,8 miliar (Yogyakarta), Rp 12 miliar (Jawa Barat) dan Lampung yang baru dimulai dengan beberapa program pada tahun 2011 ini berjumlah Rp 200 juta.

“Sumbangsih ini merupakan perwujudan dari filosofi Astra “Menjadi Aset yang Bermanfaat Bagi Bangsa dan Negara” dan corporate aim Astra “ Sejahtera Bersama Bangsa” yang dilakukan melalui Yayasan Pendidikan Astra-Michael D. Ruslim dengan kegiatan antara lain membantu sekolah-sekolah di daerah tertinggal untuk turut meningkatkan pendidikan anak bangsa yang cerdas, mandiri, serta peduli untuk membangun daerahnya,” ungkap Gunawan Geniusahardja usai menyerahkan gedung SMK kepada Pemerintah Kabupaten Bogor.

Program YPA-MDR selanjutnya adalah membantu peningkatan kualitas SDM sekolah sehingga mampu menghasilkan siswa-siswa yang berprestasi secara akademis dan berkarakter baik serta siap untuk bekerja secara mandiri setelah lulus SMK.






Video Kegiatan Penerima Apresiasi SATU Indonesia Awards

2013                     2012
2011                     2010
Share